CARA MUDAH MEMBUAT OFFICIAL LIRIK VIDEO KARAOKE DENGAN MENGGUNAKAN PROSHOW PRODUCER

CARA MUDAH MEMBUAT OFFICIAL LIRIK VIDEO KARAOKE DENGAN MENGGUNAKAN PROSHOW PRODUCER




MEMBUAT OFFICIAL LIRIK VIDEO KARAOKE - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat lirik video dengan Proshow Producer. Proshow producer pada lebih di design untuk membuat slide show foto-foto menjadi sebuah video. Namun software ini juga bisa di gunakan untuk membuat official lirik video karoke.

Proshow producer merupakan software edit video yang sangat mudah untuk di pelajari orang yang baru belajar, tidak seperti software kelas mantap seperti adobe after effect dan yg lainya, yang sangat sulit dipelajari kaum awam yang baru belajar di karenakan banyak sekali tools animasnya.

Langsung saja tanpa basa-basi lagi saya akan menjabarkan caranya dengan bahasa yang mudah untuk di mengerti dan di pahami, semoga kita semua dapat memahami dan memperaktekanya dengan mudah.

Namun sebelum itu jangan lupa seperti biasa kita siapkan secangkir kopi hitam yang kentelan dan sebatang inspirasi agar proses membuat lirik video ini berjalan dengan lancer.

1.       Tentunya sobat harus sudah mempersiapkan bahan-bahan yang di butuhkan, seperti software proshow produser, lirik video (copas ajh deh biar gampang) dan video yang akan kita edit. Di sini saya menggunakan video dari lagu Yang Terlupakan cipt “Iwan Falls”.

2.       Buka Proshow Produsernya, pada layar awal proshow pilih icon music untuk memasukan music yang akan kita edit menjadi video lirik.



3.       Stelah masuk ke layer layer show option, pilih +add > Add Sound File > pilih lagu yang telah kita persiapkan tadi.



4.       Lalu kita berikan background yang keren dengan cara, pilih background > image > browse > select image file > pilih foto yang kita suka > open.



5.       Klik OK.




Proses memasukan lagu dan gambar background selesai, sekarang kita lanjut pada tahap pemberian lirik.

6.       Selanjutny pilih time line > add blank 2 kali ( add blank yang pertama untuk intro awal lagu dan add blank yang ke 2 untuk masuk lirik )



Pada blank 1 ada gambar iwanfals dan gambar AB ( AB itu adalah transition atau di sebut juga pepindahan dari slide satu ke slide selanjutnya.

7.       Perkecil transition, transition tidak perlu ada untuk pembuatan lirik video. Kecuali untuk slide foto. Caranya adalah arahkan kursor ke tengah (antara gambar iwan fals dan gambar transition) > klik dan tahan > tarik ke kanan sampai tertup gambar AB nya.



8.       Atur panjang blank 1 sesuai panjangnya intro dan blank 2 berada pada saat lirik lagu pertama masuk. Caranya dengan play lagunya terlebih dahulu > setelah masuk lirik pertama di situlah blank ke 2 di letakan.


9.       Lalu kita play lagi lagunya untuk menentukan panjang blank ke dua, di lirik pertama saya mengatur timenya menyesuaikan 2 kalimat lagu.


10.   Sekarang kita klik 2 x pada blank ke 2 untuk memasukan lirik lagunya.



Di sinilah tempat kita memberikan effect-effect animasi, slide foto, lirik video dan sebagainya. Namun pada kali ini saya hanya akan membahas untuk membuat video lirik dari lagu tersebut, lumayankan kita bisa untuk karaoke di rumah, eheheheh …

Lanjut ke tahap selanjutnya,
11.   Perhatikan sebelah kiri dari layar proshow . Terdapat layer caption, klik icon +add yang berada di bawah layer caption.


12.   Setelah muncul layer caption, ketikan lirik lagunya atau tinggal copas ajah di bagian caption.


Yang harus di ingat “tuliskan liriknya perkalimat saja ya, jangan sekaligus semua”. Di sini saya memasukan 2 kalimat. Anda tinggal klik +add lagi pada layer caption.


Sobat juga bisa seting jenis font, size, warna dll di bagian caption format yang berada di bawah format text.


13.   Buat duplikat captionnya. Jadi tiap kalimat lirik ada 2, kalimat yang pertama saya warnai hijau dan kalimat yang ke 2 saya warnai putih.


14.   Selanjutnya atur tempo keluarnya lirik lagu, caranya klik effect .


15.   Setelah masuk layer effect atur tempo di mana kalimat tersebut masuk.  Dengan cara dengarkan lagunya.


16.   Setelah tempo antara lirik dengan lagu sudah benar, kita buat effect lirik lagu berjalan dengan cara atur pada caption behavios. Ikuti saja setingan di bawah ini ya …



Jika Anda berhasil maka saat lagu di play lirik yang berwarna hijau seolah berjalan dan lirik yang berwarna putih tetap diam.Untuk lirik lagu yang selanjutnya Anda bisa kembangkan sendiri menurut inspirasi Anda.

SELESAI

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua ya, dengan software yang mudah di pelajari seperti Proshow ini kita sudah bisa membuat official lirik lagu yang hasilnya tidak kalah dengan software kelas sulit seperti adobe after effect.

Akhirul kalam

Wassalam_

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »